Search

RDP Komisi X DPR RI Dengan BNSP


BNSP untuk pertama kalinya diundang Rapat Dengar Pendapat (RDP) Oleh Panja Pendidikan Vokasi Komisi X DPR RI yang digelar pada hari Senin, 27 Januari 2020 di ruang rapat Komisi X DPR RI.

Adapun agenda pembahasan yaitu :

1. Kebijakan Sertifikasi Profesi Terhadap lulusan pendidikan vokasi Jenjang pendidikan menengah dan pendidikan tinggi

2. Peta daya saing tenaga kerja indonesia di dalam dan di luar negeri

3. Dukungan BNSP terhadap percepatan sertifikasi dan kompetensi, serta percepatan pemberian lisensi bagi SMK

4. Pola koordinasi dan singkronisasi untuk meningkatkan kerjasama antara Badan Nasional Sertifikasi Profesi dengan kementerian/Lembaga Pemerintah, daerah, dan dunia usaha/industri

5. Kendala yang ditemui dalam hal pemberian sertifikasi lulusan pendidikan dan tenaga kependidikan pendidikan menengah dan tinggi, dan pemberian lisensi bagi pendidikan menengah dan tinggi.


Setelah ketua BNSP memaparkan materi dan menjawab beberapa pertanyaan dari semua anggota dewan, maka beberapa kesimpulan dari rapat tersebut ialah Komisi X DPR RI menyampaikan apresiasi kepada BNSP yang memberikan penjelasan mengenai dukungan terhadap penyelenggaraan pendidikan vokasi.


Selain itu mendorong BNSP melakukan kajian terhadap akar permasalahan mismatch lulusan pendidikan vokasi dengan dunia usaha-dunia industry (DuDi), mengingat kebijakan link and match sudah diimplementasikan sejak tahun1993-1998 oleh Mendikbud.


Terakhir, Panja Pendidikan Vokasi Komisi X DPR RI mendorong pemerintah cq Kemendikbud RI, Kemnaker RI dan BNSP untuk menyusun Kebijakan mengenai Sistem/Skema Pemagangan bagi peserta didik SMK dan Politeknik di dunia usaha dan industri.


Rapat ini dihadiri oleh Ketua dan seluruh Anggota Komisioner BNSP serta para pejabat di lingkungan Sekretariat BNSP.

0 views

Layanan Pengguna:

Metode Pembayaran:

Ikuti Kami:

  • Instagram
  • Facebook Social Icon
  • YouTube

Segera Tersedia Di:

Part of Community:

© 2019 PT Nusantara Aplikasi Sertimedia